Kamis, 25 Februari 2010

Tips merawat instalasi listrik di rumah

Ada istilah, rumahmu adalah istanamu. Jika di hubungkan dengan kelistrikan di rumah, benang merahnya adalah dengan menggunakan kelistrikan yang baik, maka rumah kita menjadi tempat yang nayaman, tempat bercengkrama dengan keluarga, aman dan tentram. Kelistrikan yang baik untuk di rumah merupakan faktor penunjang utama dalam mewujudkan "rumahmu adalah istanamu".

Sistem kelistrikan di rumah ataupun bangunan lainnya memerlukan perawatan yang tidak terlalu sulit, bahkan sangat mudah.

Kabel yang terpasang dari jaringan tegangan rendah (JTR), kabel pada sambungan rumah (SR) sampai dengan alat pembatas dan pengukuran (KWH) merupakan tanggung jawab PLN dan tidak di perbolehkan di manipulasi. Sedangkan rangkaian kabel listrik dalam rumah merupakan sepenuhnya tanggung jawab dari pemilik rumah / bagunan .

Berikut merupakan tips merawat instalasi kelistrikan/listrik di rumah anda :
  1. Pastikan instalasi kelistrikan/listrik di rumah anda terpasang dengan tepat, benar dan aman serta menggunakan kompone-komponen listrik yang memiliki standar dan dengan kapasitas yang sesuai.
  2. Lakukan pemeriksaan rutin terhadap kelistrikan/listrik di rumah, 1 tahun sekali merupakan waktu yang tepat untuk melakukan pemerikasaan. Segeralah perbaiki jika menemukan adanya ketidaksesuaian dalam instalasi.
  3. Jika istalasi lisrik lebih dari 5 tahun, usahakanlah untuk di rehabilitasi untuk menghindari adanya kebocoran-kebocoran dalam jaringan, seperti akibat gigitan tikus, terjepit dll.
  4. Pergunakan peralatan rumah tangga elektronik yang sesuai dengan daya terpasang dan hindari penggunaan yang berlebihan.
  5. Sebaiknya jika akan merehabilitasi jaringan kelistrikan di rumah anda alangkah baiknya menggunakan jasa instalatir yang berpengalaman, jika merasa kesulitan mencari hubungi kantor PLN terdekat.

Share/Save/Bookmark

0 comments:

Posting Komentar

Kamus Listrik Rangking

 

Site Info


Google Sitemap Generator
Bloglisting.net - The internets fastest growing blog directory Engineering Blogs - BlogCatalog Blog Directory
Kamus Listrik Copyright © 2009 Blogger Template Designed by Bie Blogger Template