Kamis, 22 April 2010

Mengenal lebih jauh PLTN

Masyarakat mengenal pertama kali nuklir yaitu dalam bentuk bom nuklir yang di jatuhkan di Hirosima dan Nagasaki dalam PDII th 1945. Tenaga nuklir yang sangat dahsyat ini dampaknya dapat dirasakan hingga saat ini.

Disamping sebagai senjata pemungkas yang dahsyat, sejak lama dilakukan penelitian untuk penggunaan energi ini secara baik untuk menunjang keberlangsungan dan kesejahteraan umat manusia. Sampai saat ini penggunaan tenaga nuklir, khususnya zat radio aktif telah dipergunakan secara luas dalam berbagai industri seperti kesehatan, pertanian, industri, pertahanan dan keamanan, farmasi dan kedokteran, sebagai pengawet makanan dll. Tenaga nuklir dalam skala besar digunakan sebagai pembangkit tenaga nuklir (PLTN) yang memiliki beberapa keuntungan yaitu biaya yang relatif murah, efisien, aman dan ramah lingkungan.

Pemanfaatan sebagai tenaga nuklir pertama di gunakan di Rusia (USSR) pada tahun 1954 sebagai satu unit PLTN air ringan bertekanan tinggi (WER = PWR) yang dalam 1th mencapai 5MWe. Pada tahun 1956 di Inggris di kembangkan dengan kapasitas 100MWe dengan jenis Gas Cooled Reactor (GCR = Reaktor Berpendingin Gas).

Hal yang harus di ketahui juga adalah :
  1. Fisika Nuklir di PLTN
  2. Reaksi pembelahan inti dan Moderator di PLTN

Share/Save/Bookmark

0 comments:

Posting Komentar

Kamus Listrik Rangking

 

Site Info


Google Sitemap Generator
Bloglisting.net - The internets fastest growing blog directory Engineering Blogs - BlogCatalog Blog Directory
Kamus Listrik Copyright © 2009 Blogger Template Designed by Bie Blogger Template