Kamis, 22 April 2010

FISIKA NUKLIR di PLTN

Panas yang di timbulkan sebagai sarana untuk pemanasan dihasilkan dari pembelahan inti atom sbb :
  • Apabila satu neutron (dihasilkan dari sumber neutron) tertangkap oleh satu atom uranium-235, inti atom ini akan terbelah menjadi 2 atau 3 bagian/fragmen. Sebagian energi yang semula mengikat fragment-fragment tersebut masing-masing dalam bentuk energi kinetik, sehingga mereka dapat bergerak dengan kecepatan tinggi. Oleh karena fragmen-fragmen itu bergerak dalam strutur kristal uranium, mereka tidak dapat bergerak jauh dan gerakannya segera diperlambat.
  • Dalam perlambatan ini energi kinetik di rubah menjadi panas (energi termal). Sebagai gambaran dapat dikemukakan bahwa energi termal yang dihasilkan dari reaksi pembelahan 1 kg Uranium-235 murni besarnya adalah 17 milyar kilo kalori, atau setara dengan energi thermal yang dihasilkan dari pembakaran 2,4 juta kg (2400 ton) batubara.
  • Selain fragment tersebut reaksi pembelahan menghasilkan pula 2 atau 3 neutron yang dilepaskan dengan kecepatan lebih besar dari 10.000 km/detik. Neutron ini disebut dengan neutron cepat yang mampu bebas tanpa dirintangi atom-atom uranium atau atom-arom kelongsongnya. Agar mudah ditangkap oleh inti atom uranium guna menghasilkan reaksi pembelahan, kecepatan neutron harus diperlambat. Zat yang dapat memperlambat kecepatan neutron di sebut moderator.

Share/Save/Bookmark

0 comments:

Posting Komentar

Kamus Listrik Rangking

 

Site Info


Google Sitemap Generator
Bloglisting.net - The internets fastest growing blog directory Engineering Blogs - BlogCatalog Blog Directory
Kamus Listrik Copyright © 2009 Blogger Template Designed by Bie Blogger Template