Rabu, 25 April 2012

Cara cas HP agar baterai awet

Banyak yang mengeluh tentang performa batere hp yang baru saja diganti, ternyata mutu dan daya tahannya tidak seperti batere asli bawaan pabrik. Bedanya jauh, setelah berdialog dan mendiagnosa, tahulah kini permasalahannya. Kesalahan ternyata tidak 100% terletak pada batere pengganti saja, tetapi yang utama adalah sikap bagaimana memperlakukan batere pengganti secara benar. Teman dan relasi saya ternyata belum sepenuhnya memahami bagaimana memperlakukan batere secara benar. Lalu bagaimana sebaiknya kita memperlakukan batere pengganti?
Di bawah ini ada beberapa hal yang perlu rekan cermati.1). Saat Pengecasan yang tepat
Saat pengecasan batere yang paling tepat adalah pada saat indikator pada batere menunjukkan batas minimal (1 garis) tetapi jangan sampai sudah didahului “tone”atau ada tulisan batere lemah. Apalagi sampai berkali-kali “tone”tadi berbunyi mengingatkan pemiliknya. Namun kenyataannya kita sering di tengah perjalanan atau dalam situasi kerja yang sibuk, HP kita berbunyi tidak cuma sekali mengingatkan kita kalau batere lemah perlu dicas. Nah,karena tidak bawa cas akhirnya HP merana kekurangan tenaga. Bahkan tragisnya ada yang sampai “tewas” seketika. Andaikata sudah bawa cas,bingung lagi musti ngecas di mana?rumah teman,kantor,atau rumah makan?


Saran : Pada saat HP berbunyi mengingatkan batere lemah, apabila tidak memungkinkan isi batere(cas) sebaiknya HP dinonaktifkan saja. Ini untuk menyelamatkan batere dari kemungkinan kerusakan dan penurunan performa batere. Jangan tunggu sampai HP padam dengan sendirinya. Konsekuensinya Anda tidak bisa melakukan komunikasi melalui HP. Antisipasi : bawa batere cadangan,atau HP yang lain (nggak maksa lho, ya kalau pas punya duit buat beli).

Ah,kalau begitu dicas saja pada saat indikator batere masih setengah penuh! *(Ya nggak juga, karena hal itu selain pemborosan kadang malah memicu ketidakstabilan performa batere).

2). Lama Pengecasan yang tepat
Lama pengecasan pada umumnya sekitar 3 sampai 4 jam, namun lebih bijaksana segera menghentikan pengecasan begitu indikator batere sudah menunjukkan penuh (tidak bergerak) atau ada tulisan “batere penuh “. Segera hentikan dan cabut instalasi pengecasan. Namun pada sebagian kasus banyak rekan masih beranggapan bahwa makin lama pengecasan akan semakin baik/semakin tahan lama. Ada pula yang mengecas semalam suntuk karena dia ketiduran sampai keesokan harinya. Pada sebagian jenis HP/batere tertentu memang ada outlet kelebihan energi saat pengecasan, namun tipe-tipe batere yang lain hal itu justru merusak karena over dosis muatan listriknya. Kadang ada reaksi spontan batere menggembung.Akhirnya batere tidak jadi tahan lama justru malah makin ngedrop. Sebaliknya, pengecasan yang tidak maksimal/tidak sampai indikator penuh akan menimbulkan penurunan performa batere, dipakai sebentar saja sudah pasti akan ngedrop.

Saran : Cas batere begitu dia membutuhkan atau “lapar” dan hentikan begitu dia sudah tak membutuhkan atau “kenyang”.

3). Alat dan cara pengecasan yang benar
a. Cas
Di pasaran banyak tersedia cas sesuai dengan segala macam tipe HP dalam berbagai model yang menarik. Andaikata cas original bawaan pabrik sudah rusak Anda tak perlu khawatir menggunakan cas pengganti di pasaran. Memang kualitasnya agak berbeda, namun bukan berarti tidak lebih baik. Ada memang kejadian cas baru beli tapi dipakai kurang memberikan tenaga yang maksimal, kadang baru dipakai sebentar sudah hang/eror. Tetapi itu jarang terjadi. Andai terjadipun Anda pasti akan mendapat ganti yang baru gratis pula (asal ada perjanjian/garansi).

Saran : belilah cas yang sesuai dengan tipe HP Anda. Jangan asal cas langsung main tancep. Mintalah garansi pada Conter kepercayaan Anda. Janganpula mudah tergoda dengan iming-iming ini cas ori,asli,dsb.

Pada saat mengecas Anda perlu memastikan saluran kabel antara yang menuju arus listrik dan yang menuju HP harus terkoneksi dalam posisi yang benar dan sempurna(tidak goyah/renggang). Namun kadang ada rekan yang tidak menyadari saat mengecas arus listrik tidak mau masuk-masuk juga,atau kadang masuk kadang tidak. Setelah saya teliti ternyata hubungan kabel stop kontaknya kurang pas /masih renggang atau goyah.

Pengecasan batere HP agar hasilnya lebih optimal maka HP perlu dinonaktifkan. Karena pengecasan batere pada saat HP on/hidup akan membutuhkan waktu lebih lama. Kinerja batere juga terpengaruh karena harus melakukan dua pekerjaan sekaligus yaitu mengisi dan mengeluarkan energi secara bersamaan.

b. Batere
Pengecasan pada batere baru perlu perlakuan khusus. Ibarat motor baru mesti pakai reiyen dulu. Nah,pengecasan batere baru biasanya ada petunjuk khusus pada kemasannya. Namun jika tidak ada, Anda perlu melakukan pengecasan selama minimal 8 jam dalam posisi HP non aktif. Hal ini diulangi lagi pada pengecasan kedua dan ketiga. Maksudnya agar seluruh elemen di dalam batere aktif sempurna seluruhnya. Pengecasan batere baru yang kurang dari ketentuan akan mengakibatkan sebagian elemen di dalam batere tidak aktif,akibatnya kinerja dan performa batere tidak bisa maksimal seperti yang kita harapkan.

Tips Menghemat Baterai Ponsel
Ponsel musik memang rentan mengalami masalah baterai yang cepat habis. Saya akan memberikan beberapa tips untuk menghindarkan agar baterai ponsel Anda tidak cepat habis.

1. Sebaiknya, redupkan "brightness" yang ditampilkan dalam ponsel Anda.Kecerahan ini dapat dikurangi sekitar 50% memang sih tampilan ponsel Anda tidak ceria seperti dulu. Tapi dengan ini umur hidup baterai Anda dapat lebih awet dan tahan lama.
2. Lebih baik jika Anda memperpendek durasi backlight layar dan keypad ponsel Anda. Pertama, pilih dulu durasi yang paling pendek, jika terasa tidak nyaman, Anda dapat memperpanjang durasi waktu backlight ponsel Anda.
3.Gunakan ringtone seperlunya dan dengan volume yang tidak terlalu besar.
4. Jangan gunakan dual mode (GSM dan UMTS), jika kebetulan Anda menggunakan ponsel 3G. Pilih saja jaringan GSM,jika ditempat Anda masih belum dijangkau sinyal 3G. Dengan ini baterai tidak akan terkuras ketika ponsel Anda sedang mencari sinyal 3G.
5. Jangan biasakan baterai dalam keadaan kosong total, sebaiknya Anda segera isi ketika meter menunjukan 50%. Kemudian hindarkan baterai dari suhu yang panas agar tidak meledak.
Jika memungkinkan, gunakan saja mode flight, jadi ponsel Anda dapat berkonsentrasi memutar musik dan tidak terbeban dengan kinerjanya sebagai ponsel.
6. Karena ponsel hanya untuk memainkan musik, sebaiknya fokus saja digunakan untuk mendengarkan musik dan radio saja. Matikan game dan jangan sering berselancar ke web dengan menggunakan GPRS.
7. Yang terpenting jika ingin baterai Anda berumur lebih panjang, Saat melakukan pengisian baterai matikan ponsel Anda, jangan membiasakan mencharger ponsel dalam keadaan hidup. Agar pengisian akan lebih optimal.Semoga bermanfaat....

Sumber : http://yysdapena.blogspot.com/2009/10/mengecas-batere-hp-yang-baik-dan-benar.html

Share/Save/Bookmark

0 comments:

Posting Komentar

Kamus Listrik Rangking

 

Site Info


Google Sitemap Generator
Bloglisting.net - The internets fastest growing blog directory Engineering Blogs - BlogCatalog Blog Directory
Kamus Listrik Copyright © 2009 Blogger Template Designed by Bie Blogger Template